Tags

,

Assalamualaikum Ya akhi Ya Ukhti ^^

Yayy~ hari ini aku masak-masak lagi dengan menu yang sangat mudah yaitu pecel! wkwkwk. Eits, tapi sebelumnya aku bikin nasi goreng dengan resep dari Mamah.


Resep Nasi Goreng:

Bahan

  1. Bawang putih (jumlah sesuai selera dan porsi)
  2. Bawang merah (jumlah sesuai selera dan porsi)
  3. Merica
  4. Garam
  5. Terasi
  6. Lombok
  7. Kecap
  8. Saos sambal (sesuai selera)
  9. Nasi
  10. Lauk (boleh lauk sisa kemarin yang masih bisa dimakan)

Jumlah bahan-bahan tersebut sesuka hati saja ya. Hahahahaha.

Cara membuat

  1. Uleg bawang putih, bawang merah, merica, garam, terasi, dan lombok hingga halus
  2. Siapkan wajan, panaskan sedikit minyak
  3. Masukkan bumbu yang sudah diuleg
  4. Masukkan nasi, aduk hingga rata
  5. Masukkan lauk, aduk hingga rata
  6. Tuangkan kecap dan saos, aduk hingga rata

Yups. Begitulah resep nasi gorengnya ! Mudah banget kan XD


Setelah masak nasi goreng, aku bikin pecel dan tempe goreng. Nah untuk pecel, pilihan sayurannya sesuai selera temen-temen. Kalau saya sih biasanya bayam, kacang panjang, dan tauge. Sebelumnya, sayuran tersebut jangan lupa dicuci dulu ya ! Bumbunya sendiri aku beli yang udah jadi di pasar. Wkwkwk. So bikin pecel memang sangat mudah :3 Bagaimana dengan tempe goreng? Check it out !


Resep Tempe goreng alamiah harafiah tanpa bumbu masaks haks haks haks:

Bahan

  1. Tempe (yaiyalah)
  2. Bawang putih 3 butir
  3. Tumbar
  4. Garam
  5. Kunyit

Cara membuat

  1. Potong tempe sesuai selera. Tempe yang di plastik atau yang dibungkus daun itu sama saja bumbunya. Tapi kalau yang tempe bungkusan kotak-kotak kecil sekali makan, bagian tengahnya digarit atau diiris tipis supaya bumbunya meresap dan rasanya lebih enaak~
  2. Bawang putih, tumbar, garam, dan kuyit diuleg sampai halus lalu diberi air secukupnya
  3. Masukkan tempe ke dalam bumbu kemudian di goreng hingga berwarna kecoklatan

Gampang kan gampang kan bikin tempe goreng 😀 Tapi tadi sebenarnya aku ada kesalahan waktu bikin tempe goreng. Hahahahahahahahaha. Aku nggak punya kunyit, jadi warna tempenya pucat ! Nah kunyit itu fungsinya untuk mempercantik warna tempe atau tahu. Yups, bumbu untuk bikin tempe dan tahu goreng itu sama, gaes.. Kalau untuk tahu sendiri, juga dipotong-potong sesuai selera tapi jangan lupa digarit atau diiris agak dalam bagian tengahnya supaya bumbunya meresap :3


Okay deh.. masak hari ini anggap saja sukses ya XD Nantikan resep masakan saya yang selanjutnya ! Hahahahaha.

ITADAKIMASU~!!

Advertisements